Jumat, 17 Juni 2011

Penandatangan MOU Kerjasama antara Universitas Airlangga Surabaya dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia

(08/6) Penandatanganan kesepakatan antara Universitas Airlangga dan Universiti Teknologi Mara dialngsungkan pada Selasa (7/6 2011) di Gedung Manajemen Universitas Airlangga. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Vice Chancellor/Presiden Universiti Teknologi Mara, Dato’ Prof. Ir. Dr. Sahol Hamid Abu Bakar F.Asc., diterima oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Fasich, Apt. beserta jajaran pejabat dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Airlangga. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Sidang Pleno lantai 3.

Kerjasama (MoU) yang diresmikan meliputi kerjasama di berbagai bidang, meliputi pertukaran staf pengajar, peneliti, dan mahasiswa, merealisasikan publikasi jurnal akademik, membuat proyek penelitian bersama, serta menyelenggarakan berbaghai pertemuan lokakarya. Perjanjian kerjasama antara Universiti Mara Malaysia dengan Universitas Airlangga Surabaya ini mempunyai jangka waktu 3 tahun.

Banyak harapan positif yang muncul atas ditandatanganinya perjanjian antara kedua belah pihak tersebut, mengingat  kerjasama tersebut adalah antara dua negara serumpun. Ketua ITD (Institute of Tropical Diseases) Prof. Nasronudin menyatakan, bahwa beberapa waktu lalu terdapat 5 orang mahasiswa Universiti Tekonolgi MARA yang melakukan kerja magang di Unair.  Menurutnya, penelitian tentang penyakit menular, misalnya tuberkulosis, sedang dilaksanakan di ITD, dan semohga  ke depannya terdapat kerjasama mengenai studi  terhadap berbagai penyakit tropik infeksi.

Harapan positif tersebut disambut pula oleh Prof. Dr. Zaini Abdullah, dengan menyampaikan bahwa UiTM juga telah melakukan banyak aplikasi kerjasama terhadap riset-riset ilmiah. Jadi yang penting nanti ada kesepakatan bersama dulu melalui MoU resmi.
Selanjutnya, yang ditunggu adalah implementasi nyata dari penandatangan MOU tersebut. Diharapkan kesepakatan ini tidak hanya bermanfaat bagi kedua belah Universitas, melainkan juga bagi dua Negara Indonesia dan Malaysia, dan perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. (humas_ua)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles