Jumat, 17 Juni 2011

Tingkatkan Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Australia

Duta besar Australia untuk Indonesia, Mr. Greg Moriarty melakukan kunjungan kerja ke Universitas Airlangga , Senin (30/5) siang. Dalam pertemuan yang dihadiri pimpinan universitas dan fakultas tersebut, ia menyatakan keinginannya untuk mendapatkan informasi secara langsung tentang penyelenggaraan kegiatan akademik yang berlangsung sampai saat ini. Dikatakannya, informasi tersebut diperlukan untuk menentukan langkah lanjutan bagi peningkatan kerjasama antara Universitas Airlangga dan berbagai perguruan tinggi di Australia.

Menurutnya, Universitas Airlangga telah menunjukkan peningkatan performa yang luar biasa sebagai sebuah perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan di kancah internasional. Dengan memahami keunggulan yang dimiliki oleh fakultas dilingkungan Universitas Airlangga ini, maka kerjasama dengan pihak Australia diharapkan akan lebih terfokus dan membuahkan hasil yang optimal bagi pengembangan keilmuan. “ Kami perlu mengetahui keunggulan yang ada di Universitas Airlangga sebagai bahan untuk menetapkan langkah kolaborasi yang lebih intensif,” tegasnya.

Dalam penjelasannya, Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. H. Fasich., Apt., menjelaskan tentang berbagai riset unggulan yang sedang dilaksanakan di fakultas dan pusat riset, yaitu yang terfokus pada penelitian penyakit infeksi tropik, obat bahan alam dan bio enzim. Kerjasama penelitian penyakit tropikinfeksi dengan University of Sydney telah ditindak lanjuti melalui penyelenggaraan sebuah pertemuan ilmiah yang membahas berbagai penyakit tropik infeksi pada April 2011 lalu. “ Bidang kesehatan adalah unggulan kami dan sudah didukung melalui berbagai penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Tropik Infeksi,” jelas rektor.

Pada saat ini, hampir semua fakultas dalam lingkungan Universitas Airlangga telah mengadakan kerjasama dengan berbagai fakultas di lingkungan Universitas Airlangga melalui program pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, pendidikan pasca sarjana dan penelitian bersama. Melalui pertemuan tersebut disepakati untuk memperluas bentuk kerjasama , antara lain melalui program double degree.
Sebagai bagian dari program kerjasama dengan Indonesia, Pemerintah Australia merencanakan untuk meningkatkan alokasi anggaran pendidikan. Bagian terbesar anggaran itu akan dialokasikan untuk pengembangan pendidikan dasar, dan sisanya untuk pendidikan tinggi.

Hadir pada pertemuan tersebut pimpinan universitas, direktur, ketua badan, direktur program pasca sarjana dan dekan fakultas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles